/* Blog untuk Penggemar Gratis dan Free: Mematikan komputer Windows secara otomatis*/


Tuesday, January 17, 2012

Mematikan komputer Windows secara otomatis


Seringkali kita perlu mengerjakan tugas-tugas kantor yang harus di kerjakan secara otomatis oleh komputer. Sebagai contoh: Proses backup data yang harus dijalankan pada saat malam hari atau mematikan komputer yang ketika sedang kita tinggalkan masih dalam suatu proses.
Sebenarnya kedua hal diatas bisa kita lakukan secara manual, tapi apakah kita mau nungguin sampai tengah malam hanya untuk men-shutdown komputer atau untuk sekedar menekan tombol enter untuk melakukan backup?
Kalau saya : Enggak.
Mendingan komputernya kita tinggal pulang dan membiarkannya melakukan tugas menekan tombol Enter atau Bunuh diri (shutdown) secara otomatis. Bukankah lebih enak begitu???
Tanpa ribet-ribet, ternyata Windows telah menyediakan fasilitas untuk itu, yaitu dengan Scheduled Tasks. Cara mengoperasikannya juga terbilang sangat mudah.
Kalau versi saya:
Saya lebih suka membuat batch file (file .bat) dulu untuk kerjaan yang akan saya kerjakan otomatis.
Misalnya untuk mematikan komputer,
Pertama-tama buka Notepad
Kemudian tulis :
Shutdown –s

Dan simpan dengan ekstensi .bat misalnya mati.bat

Baru kemudian kita schedul-kan proses bunuh dirinya.
Caranya :
Buka Control panel dan dobel-klik  Scheduled Tasks
Dobel-klik Add Scheduled Tasks untuk membuat tugas baru dan akan muncul jendela Scheduled Tasks Wizard seperti ini 

pilih Next untuk melanjutkan
setelah muncul jendela seperti ini

klik Browse untuk mencari file mati.bat yang telah kita buat tadi 
Pada jendela Select Program to Schedule klik mati.bat dan kemudian klik Open 
maka akan tampil

tentukan kapan tugas akan dijalankan, ada pilihan harian , mingguan, bulanan, hanya sekali saja, dll
misalnya kita pilih One time only kemudian klik Next
maka akan muncul

tentukan Waktu dan Tanggal berapa tugas akan di kerjakan
kemudian pilih Next

jangan lupa untuk mengisi password komputer kita
eeeit sekali lagi lagi confirm passwordnya juga harus diisi dan tekan Next
dan klik Finish untuk mengakhiri Scheduled Tasks Wizard
selanjutnya tugas yang kita berikan pada komputer akan muncul di bawah tulisan Add Scheduled Tasks
pada jendela Scheduled Tasks
Selesailah pembuatan tugas yang akan dikerjakan otomatis oleh komputer kita.

Kita bisa mengembangkan cara diatas misalnya untuk backup atau kopi file otomatis
Caranya tinggal kita buat lagi file .bat nya misalnya

copy C:\Data\*.xls D:\Backup\Excel

dan simpan dengan nama yang sesuai misalnya backup_excel.bat
dan atur schedulenya sesuai keinginan

Saat makan pisang goreng sambil minum kopi hangat sambil nungguin tugasnya dijalankan oleh komputer..   :D

3 comments: